Sabtu, 15 Mei 2010

Ancaman dan Harapan Komunitas Komik ISI Solo (KOMISI)

Solo dianggap memiliki potensi besar di bidang seni Komik, itulah yang diungkapkan mujiono dari KOMISI (Komunitas Komik ISI) dalam acara geraKomunitas #1 di Gedung Kesenian Solo pada hari jumat 14 Mei 2010. Menurutnya banyak komunitas komik yang ada di Solo seperti Bengkel Qomik, Ontong Abung, Studio Sempit, Studio Tawon dan lain sebagainya, belum lagi komunitas-komunitas komik yang setiap saat muncul dan kemudian tenggelam.

Komunitas Komik ISI (KOMISI) sendiri Berangkat dari obrolan-obrolan kecil yang dilanjutkan dengan gerakan mengumpulkan teman-teman mahasiswa yang tertarik terhadap komik, terbentuk pada tanggal 21 November 2008 di kantin Kampus Institut Seni Indonesia Surakarta Jl Ki Hajar Dewantara No.19 Solo dengan harapan awal untuk bisa menjadi sebuah wadah kecil bagi teman-teman mahasiswa untuk merespon segala fenomena yang berkembang di masyakat dan juga menampung hasrat menggambar para anggota. Adapun tujuan dibentuknya KOMISI adalah untuk meramaikan dan memberi sumbangsih terhadap pergerakan komik terutama di kota Solo.

Komunitas Komik di Solo perlu mendapat dorongan agar bisa terus berkembang. Beberapa gerakan yang bisa dilakukan untuk untuk bisa mengembangkan komunitas komik di Solo yaitu dengan cara mengembangkan jaringan komunitas di tingkat lokal, nasional bahkan Internasional sehingga terwujud kebersamaan untuk menciptakan iklim seni komik yang maju. Untuk saat ini pergerakan komunitas komik di Solo masih dianggap musiman. Maka dari itu, penguatan jaringan antar komunitas maupun lintas komunitas sanagat dibutuhkan. Selain itu hal sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan event reguler yang konsisten di area Kota Solo, mengeluarkan karya kompilasi hingga membuat merchandise sebagai media promosi komik solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar