Jumat, 04 Juni 2010

Babarasa #2 : Bicara Iklan di Gedung Kesenian Solo

Dalam rangka ikut serta mengembangkan Ekonomi Kreatif di Solo, Sirkudaya sebagai lembaga pemberdayaan media untuk anak muda menyelenggarakan program Babarasa #2 di Gedung Kesenian Solo (ek. Solo Theater) Sriwedari pada tanggal 11-12 Juni 2010 jam 19.00 – 22.00 WIB. Dalam acara ini akan dibedah empat karya iklan dari Freshblood Indonesia dengan nara sumber Irfan Sutikno. Dalam acara ini juga melibatkan Asosiasi Praktisi dan Perusahaan Periklanan Solo (ASPPRO) serta mahasiswa untuk berpartisipasi dalam diskusi bedah karya. Setelah acara bedah karya selesai, dilanjutkan dengan pemutaran video kompilasi iklan pemenang Asia Pasific Advertising Festival.
Pada hari sabtu pada jam yang sama akan diputar film Helvetica karya Gary Hustwit, sebuah feature film tentang Tipografi, desain grafis, budaya visual dan eksplorasi ruang urban di kota-kota besar. Dalam film ini juga dibahas tentang dunia desain, periklanan, psikologi dan komunikasi. Film Helvetica Premiere di South Southwest Film Festival pada Maret 2007, kemudian tur di berbagai festival film, acara khusus, rumah seni bioskop di seluruh dunia dan diputar di lebih dari 300 kota di 40 negara. Premier televisi pada BBC1 pada bulan November 2007 dan disiarkan di PBS sebagai bagian dari seri pemenang penghargaan Emmy Independen Lens di musim gugur 2008. Sebuah kutipan dari film ini dimasukkan dalam pameran di Museum of Modern Art di New York.
Program babarasa merupakan program kajian rutin apresiasi karya-karya seni rupa di Gedung Kesenian Solo yang diadakan sekali dalam sebulan. Program ini diharapkan akan mampu menjadi ruang dialog perupa dengan publik sehingga akan dapat memperkuat jaringan dan menjadi embrio pergerakan budaya visual bagi anak muda di Solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar